BLANTERVIO103

Banjir Kepung Dusun Kalindu, 95 KK Warga Dievakuasi

Banjir Kepung Dusun Kalindu, 95 KK Warga Dievakuasi
Rabu, 01 Mei 2019


PASANGKAYU LENTERAMERAHNEWS,- Sebanyak 95 Kepala Keluarga (KK) warga di Dusun Lalindu, Desa Lariang, Kecamatan Tikke Raya, Pasangkayu di evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Evakuasi tersebut dilakukan lantaran pemukiman mereka terkepung banjir akibat meluapnya Sungai Lariang pada Senin 29 April 2019.

Evakuasi ini dipimpin langsung Kapolres Mamuju Utara, AKBP Made Ary Pradana bersama BPBD Kabupaten Pasangkayu, Kades Lariang dan Babinsa setempat, Selasa kemarin.

"Evakuasi dari Dusun Kalindu kemarin (selasa-red) dilakukan dengan menggunakan perahu karet karena tempat kami sudah terkepung banjir sementara air sudah naik di jalan setinggi dada orang dewasa," ungkap M.Yunus warga setempat, Rabu (1/5/2019).

Ket foto: Proses evakuasi warga menggunakan perahu karet (ft Abd.Malik)
Jarak evakuasi dengan perahu karet dilakukan sekira 700 meter ketempat yang lebih tinggi selanjutnya di mobilisasi pakai mobil yang telah di siapkan oleh BPBD ke Posko pengungsian di jalan trans Sulawesi.

Menurut M Yunus, banjir kali ini adalah yang terparah dari banjir sebelumnya. Hal ini diperparah dengan tergerusnya wilayah itu karena salah satu sungai jebol dan mengarah kepemukiman mereka.

Bahkan kata dia, salah satu gedung sekolah di Dusun mereka nyaris ambruk ke sungai akibat erosi, sejumlah rumah warga pun mengalami nasib yang sama bahkan ada yang sudah ambruk ke sungai.

Terkait penanganan, dari pantauan media ini, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu dalam hal ini Dinas Sosial juga telah menyiapkan dapur umum di posko pengungsian. (Malik)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409