BLANTERVIO103

Membumikan Al Quran, Panitia Masjid Lailatul Qadr Gelar Lomba dan Khataman Quran

Membumikan Al Quran, Panitia Masjid Lailatul Qadr Gelar Lomba dan Khataman Quran
Kamis, 23 Mei 2019

LENTERAMERAHNEWS, MAKASSAR-- Ramadhan merupakan bulan diwajibkannya orang-orang beriman untuk melaksanakan puasa secara tertib sesuai dengan tuntunan agama. Selain itu, bulan ramadhan juga menjadi bulan pendidikan untuk menggembleng setiap pribadi agar menjadi orang-orang yang bertakwa. Pada bulan tersebut, setiap masjid menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai ibadah.

Ahad 18 Mei 2019 atau bertetapan dengan 13 Ramadhan 1440 H, Panitia Amaliah Ramadhan Masjid Lailatul Qadr Komplek Perumahan Bumi Tamalanrea Permai Blok AF Kelurahan Katimbang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar menyelenggarakan kegiatan lomba dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan. kegiatan tersebut memperlombakan 3 (tiga) kategori yakni Hafalan Surat-surat pendek, Ayat-ayat pendek dan Doa-doa pilihan dan diikuti oleh puluhan anak-anak remaja dalam lingkungan komplek perumahan. Untuk efektifitas kegiatan, Koordinator Panitia untuk lomba tersebut, Kasman Bin Sanusi bersama Suriana Laga, mengelompokkan lomba menjadi 4 (empat) Tim yakni kelompok Alumni Wisuda Santri, Tim Alquran, Tim Iqra, dan Tim anak-anak pesantren.
Penyerahan hadiah Malam ke 17 Ramadhan dihadiri oleh ketua dan anggota Dewan Pertimbangan Organisasi dan Takmir Masjid Lailatul Qadr serta orang tua para peserta lomba. “Kegiatan lomba ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk mengetahui perkembangan kemampuan hapalan anak-anak remaja di sekitar lingkungan masjid khususnya yang aktif dalam kegiatan TPA yang dibina oleh Masjid Lailatul Qadr”, demikian pernyataan yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi, Mursalim Nohong. Sementara itu, Syamsuddin, Ketua Takmir Masjid mengatakan bahwa pemberian hadiah sebagai bentuk apresiasi sekaligus motivasi kepada anak-anak lainnya untuk ikut serta baik dalam kegiatan TPA juga kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid.

Pada kesempatan lomba tersebut ditetapkan sebagai Juara untuk kategori atau kelompok Alumni Wisuda Santri adalah Awaluddin (Juara I), Nur Isra Dewanti (Juara II), Andi Muh. Zulfikar (Juara III), Nunung dan Anggun (Juara Harapan). Tim Al-Quran, Akifa Khumaira (Juara I), Gelegar (Juara II), Winalda Tri Putri (Juara III), Fadli Fauzan, Andi Safira Salsabila, Ade Irma Atikasari, Yaser, dan Gina Aulia (Juara Harapan). Tim Iqro, Zaki (Juara I), Naura Latifa (Juara II), Nabila (Juara III), Khusnul Mutia, Mutmainna, dan Rangga (Juara Harapan). Sedangkan untuk kategori anak-anak pesantren, Juara I adalah Muh. Adnan Hammadi, Akram Hidayat (Juara II), dan Aiman Misbah P (Juara III).

Selain kegiatan lomba pada hari ahad 13 Ramadhan 1440 H, panitia Amaliah Ramadhan Masjid Lailatul Qadr juga menyelenggarakan kegiatan mengaji bersama (khatam Quran) yang diikuti oleh sekira 30 orang dewasa dan 20 orang anak-anak. Kegiatan khatam quran yang dimulai Ba’da subuh, dilanjutkan dengan Tausyiah Ramadhan oleh Dr. Idris Parakkasi, MM. (*) 
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409