BLANTERVIO103

Mawardi : FAI, Unismuh Makassar Go Internasional

Mawardi : FAI, Unismuh Makassar Go Internasional
Senin, 16 September 2019

MAKASSAR, LENTERAMERAHNEWS-- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Makassar gelar orientasi akademik bagi mahasiswa baru yang dirangkaikan kuliah umum bertempat di Mesjid Subulussalam Al Khoiri, Makassar, Senin, (16/9/2019).

Kuliah Umum yang dibawakan Oleh Prof. H. Hamdan Juhannis M.A., Ph.D,  Rektor UIN Alauddin Makassar dan Kordinator Kopertais Wilayah VIII Sulawesi, Maluku, dan Papua. Kegiatan tersebut di hadiri oleh jarana Pimpinan Fakultas dekan FAI, Mawardi Pewangi Wakil dekan satu Mustahidang, wakil dekan Dua Abd. Samad, wakil dekan 4 Ahamad Nasir serta jajaran  dosen-dosen Se-Fakultas agama islam.

Dekan Fakultas Agama Islam Drs. Mawardi Pewangi M.Pd.I dalam sambutannya menyatakan bahwa ada lima jurusan beserta dua jurusan Ikatan kerjasama yang ada di Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar.

"Fakultas Agama Islam memiliki 5 jurusan yakni jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bhs. Arab, Hukum Ekonomi Sariah, Al-Ahwalusyah-siyah, dan KPI beserta dua Jurusan kelas khusus yakni Pendidikan Ulama Tarji (PUT) kerjasama Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Al-Birr Unismuh Makassar," kata Mawardi.

Sementara itu kata dia, ada tiga jurusan diantaranya, mahasiswa diberikan beasiswa penuh kuliah gratis, yakni jurusan Al-Ahwalusya-syiah, KPI dan Pendidikan Ulama Tarji. Bukan hanya itu, satu kebanggan bagi Fakultas Agama Islam untuk tiga tahun terakhir ini mahasiswa Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar sudah Go Internasional.

"Ada sejumlah mahasiswa yang berhasil membawakan makalah Universitas Madinah dari prodi Bhs. Arab, sejumlah mahasiswa lulus mengikuti sejumlah konfrensi disejumlah negara Singapura, Arab Saudi, Jepang dan terakhir konfrensi pemuda sedunia Di Bali dan ada tiga orang mahasiswa yang lulus KKN internasional, " imbuhnya.

Dekan FAI juga melaporkan kepada Kordinator Kopertais bahwa Dekan telah mengirimkan Proposal permohonan Pembuatan Laboratorium Microteaching kepada Kopertais yang telah dilakukan proses peninjaun semenjak tahun 2014 hingga sekarang belum ada hasil.

Sementara itu, Prof. H. Hamdan Juhannis M.A., Ph.D dalam kuliah umumnya mengatakan bahwa dia merasa memiliki hubungan emosional yang erat dengan Fakultas Agama Islam UNISMUH Makassar.

"FAI Unismuh merupakan kampus swasta pertama yang saya kunjungi dari 66 jumlah perguruan swasta berada di bawah binaan PTS di kordinator Kopertais Wilayah VIII tapi ini kampus pertama yang saya terima, karena merasa ada hubungan Emosional dengan pimpinan Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar." ucapnya.

Hamdan mennyampaikan, kehadirannya merupakan bagian dari keterpautan jiwa kepada segenap bapak dan ibu dosen Fakultas Agama Islam. "Ini adalah bagian keterpautan Jiwa  untuk kita selalu bersinergi dalam melaksanakan proses pengembangan kualitas kampus dan mahasiswa.

Beliau juga dalam materinya memberikan motivasi kepada mahasiswa baru, dengan menceritakan proses pengalaman empiriknya. "saya di lahirkan dari rahim seorang janda yang buta huruf tapi kita mampu membuktikan bahwa tidak akan ada rajutan kesuksesan tanpa kedisiplinan, ketekunan dan kesabaran" jelasnya.

Prof Hamdan menceritakan perjuangannya kepada mahasiswa yang tertuang dalam buku beliau MELAWAN TAKDIR. Dia juga menekankan pentingnya pendidikan integritas yang harus di tanamkan segenap mahasiswa, mulai dari bangku perkuliahan.

"Pendidikan integritas berawal dari bangku kuliah dan itu menjadi bekal dalam mengembangkan dan memajukan negara dan awal dari perilaku korupsi dan bohong yakni suka menyontek," imbuhnya.

Sebagai Kopertasi Wilayah VIII, dia ingin meyakinkan kepada mahasiswa, bahwa hidup ini siapa yang bekerja keras maka dia yang akan mendapatkan apa yang di usahakan. Proses lebih utama di bandingakan pencapaian, oleh sebab itu ikuti proses-proses yang di lalui oleh orang-orang yang sukses. (mursyid fikri) 
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409