BLANTERVIO103

Stikes Muhammadiyah Sidrap Gelar Pelatihan Preseptor Klinik Ners

Stikes Muhammadiyah Sidrap Gelar Pelatihan Preseptor Klinik Ners
Jumat, 04 Oktober 2019

SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS--STIKES Muhammadiyah Sidrap bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI)  menggelar kegiatan Pelatihan Preseptor Klinik Ners, di Auditorium Iqra STIKES Muhammadiyah Sidrap.

Pelatihan dilaksanakan 2 hari, 4 dan 5 Oktober 2019. Adapun tim pendidik program preseptor AIPNI yang akan hadir yakni Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep yang merupakan Ketua AIPNI, dan Moh. Syafar Sangkala, S.Kep.,Ns.,MANP, pengurus AIPNI Regional XII.

Sekitar 60 preseptor (perawat yang berpengalaman) klinik dan preseptor institusi, serta 15 preseptor institusi dari kalangan dosen program profesi ners STIKES Muhammadiyah Sidrap, terlibat dalam kegiatan tersebut.

Para preseptor berasal dari berbagai rumah sakit, seperti RS Nene Mallomo Kabupaten Sidrap , RSUD Lamaddukkelleng, RSUD Siwa,RS Fatimah Parepare, RS HAPSAH Bone dan Puskesmas yang ada diwilayah Ajatappareng dan sekitarnya.


Ketua STIKES Muhammadiyah Sidrap, drg. Bambang Roesmono mengatakan, pelatihan preseptor itu merupakan yang kedua kali dilaksanakan di Kampus STIKES Muhammadiyah Sidrap. Pelatihan menghadirkan para ahli atau mereka yang berpengalaman dalam memberikan pelatihan dan pengalaman praktik kepada peserta didik.

"Ilmu preseptor harus selalu di-update oleh para pembimbing Ners, baik tenaga kesehatan di Rumah Sakit maupun dosen," ujar Bambang.

Bambang berharap kegiatan itu dapat meningkatkan kualitas para preseptor klinik dan preseptor institusi dan menjadi preseptor profesional sehingga menghasilkan lulusan yang berkompeten.

“Pelatihan ini fokus pada metode pembimbingan efektif untuk mahasiswa profesi ners yang melakukan proses kepaniteraan klinik," terangnya. (wis) 
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409