BLANTERVIO103

Pemkab Sidrap Gelar Intervensi Serentak untuk Pencegahan Stunting

Pemkab Sidrap Gelar Intervensi Serentak untuk Pencegahan Stunting
Kamis, 20 Juni 2024

 


Pemkab Sidenreng Rappang melaksanakan intervensi serentak untuk percepatan pencegahan stunting dan dukungan aktivasi posyandu pada Kamis, 20 Juni 2024. Kegiatan ini dipusatkan di Posyandu Anggrek 1 dan Anggrek 2 di Kelurahan Bangkai, Kecamatan Watang Pulu, dengan Penjabat Bupati Sidrap H. Basra memimpin seremoni didampingi Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Sidrap, Mahmuddin.


Acara ini turut dihadiri oleh Pj. Ketua PKK Kabupaten Sidrap Hj. Hafni Hafid, Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Arie Widarto, dan Kasat Binmas Polres Sidrap AKP Zakariah. Aktivitas ini merupakan bagian dari aksi bersama yang melibatkan pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, verifikasi, dan intervensi terhadap ibu hamil, balita, dan calon pengantin (catin) secara berkelanjutan.


Dalam sambutannya, Pj. Bupati Sidrap H. Basra menekankan pentingnya intervensi ini untuk mengatasi masalah stunting yang berdampak pada pertumbuhan balita. "Kegiatan ini untuk kita, bila anak kita yang stunting maka kita sendiri yang bermasalah,” ujarnya.


Basra juga menggarisbawahi bahwa semua balita harus mengikuti kegiatan posyandu. “Bagi yang tidak pernah datang ke posyandu, akan diedukasi dan dijemput oleh petugas untuk memastikan evaluasi kasus stunting dapat dilakukan oleh petugas kesehatan,” jelasnya.


Ia menambahkan, edukasi stunting perlu dimulai dari keluarga, termasuk calon pengantin, ibu hamil, dan balita. “Harapan kita semua lintas sektor dapat berperan menangani stunting, sehingga stunting di Sidrap dapat berkurang dan mencapai zero stunting,” katanya.


Hj. Mu’minah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Dalduk KB Sidrap, melaporkan bahwa 315 posyandu dan 116 rumah gizi telah aktif melakukan kegiatan penanganan stunting sepanjang Juni 2024. Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sidrap, yang dipimpin Pj. Sekretaris Daerah Muhammad Yusuf DM, berkomitmen mencapai Sidrap Zero Stunting.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan Sidrap, perwakilan Kementerian Agama Sidrap, serta OPD terkait seperti Bappelitbangda, DPMDPPA, Dinsos, DTPHPKP, Disnakkan, Dinas Biciptapera, Diskominfo, dan Disdikbud. (*) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409