BLANTERVIO103

Evaluasi Kinerja Pj. Bupati Sidenreng Rappang untuk Kali Kedua oleh Kemendagri

Evaluasi Kinerja Pj. Bupati Sidenreng Rappang untuk Kali Kedua oleh Kemendagri
Jumat, 19 Juli 2024

Jakarta, - Untuk kali kedua, Penjabat (Pj.) Bupati Sidenreng Rappang, Dr. Ns. H. Basra, S.Kep., M.Kes., menjalani evaluasi kinerja dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia pada Jumat (19/7/2024).



Evaluasi triwulan II ini, seperti sebelumnya, dilangsungkan di Kantor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Basra, yang dilantik sebagai Pj Bupati Sidrap pada 31 Desember 2023, memaparkan capaian kinerjanya didampingi Pj. Sekda Sidrap, Muhammad Yusuf DM, SH., M.Kn., Inspektur Kabupaten, Drs. Mustari Kadir, M.Si., serta sejumlah kepala OPD dan pejabat Pemkab Sidrap lainnya.


Di hadapan tim evaluasi Kemendagri, Basra memaparkan 10 indikator capaian kinerja, yaitu inflasi, stunting, BUMD, pelayanan publik, pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan, dan perizinan.


Terkait inflasi, Basra melaporkan bahwa Kabupaten Sidenreng Rappang mengalami deflasi dengan angka month-to-month (m-to-m) sebesar 0,14% dan year-to-date (y-to-d) sebesar 0,08%. “Upaya yang telah dilakukan termasuk monitoring harga pangan pokok strategis, penyusunan prognosa, pembuatan kios Inflasi 'Sijagai' di pasar tradisional, dan berbagai aksi lainnya,” jelas Basra.


Untuk masalah stunting, Basra melaporkan bahwa secara umum setiap kecamatan di Sidenreng Rappang mengalami penurunan stunting. Peningkatan hanya terjadi di Kecamatan Panca Rijang disebabkan oleh tingginya angka Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR), penyakit infeksi berulang pada balita, serta pemberian PMT di Kecamatan Panca Rijang yang baru dilaksanakan di satu desa. “Adapun persentase pengukuran balita yang diukur mencapai 100% dari target sasaran 24.835 balita yang tersebar di 106 desa/kelurahan di 11 kecamatan,” tambahnya.


Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi stunting antara lain pemeriksaan Hb untuk skrining anemia bagi remaja putri di sekolah, gerakan intervensi serentak pencegahan stunting, pemberian makanan tambahan, pemeriksaan kehamilan Antenatal Care (ANC), edukasi pemberian ASI eksklusif, dan lain-lain.


Tim evaluasi mengapresiasi laporan kinerja triwulan II Pj. Bupati Sidrap dan memberikan masukan, pandangan, serta catatan untuk perbaikan dan peningkatan tata kelola pemerintahan Pemkab Sidrap ke depan. (*)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409